cover
Contact Name
Rita Oktavia
Contact Email
ritaoktavia87@gmail.com
Phone
+6285373532786
Journal Mail Official
info@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
2nd Floor Building, STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Jl. Meulaboh-Tapaktuan, Kec. Meureubo, Kab Aceh Barat. Postal Code: 23681.
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 23553782     EISSN : 25794647     DOI : -
Core Subject : Education,
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2017): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika" : 6 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RUBU’ AL-MUJAYYAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENALAR MATEMATIKA PADA SISWA MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2016/2017 Ellya Hafni
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2017): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatka aktivitas belajar matematika siswa? Apakah media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatkan kemampuan menalar siswa? Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Untuk mengetahui apakah media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatka kemampuan menalar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan yang berjumlah 41 orang, dengan jumlah siswi 24 orang dan jumlah siswa 17 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat kemampuan menalar siswa yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar matematika siswa. Dari hasil Penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan menalar siswa pada pokok bahasan Gradien Persamaan Garis lurus dengan tes awal 41% dan pada siklus I meningkat menjadi 54% dan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Atau ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar maka dari hasil tes awal diperoleh 17 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 dan pada siklus I diperoleh menjadi 11 siswa, dan pada siklus II menjadi 3 siswa. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal memperoleh 59% dan siklus I 46% dan pada siklus II memperoleh 13%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatkan kemampuan menalar siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan 2016/2017.      Kata Kunci : Kemampuan Belajar Matematika, Media Rubu’ Al-Mujayyab
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODELPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Henra Saputra Tanjung
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2017): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa, (2) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMA Negeri 1 Kuala Nagan Raya, sedangkan sampelnya terdiri dari 32 siswa pada kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis.Pengujian hipotesis statistik dalampenelitianinimenggunakan uji ANAVA dua jalur pada program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Hasilreratapeningkatankemampuan komunikasi matematis yang diberipembelajaranberbasismasalahdanpembelajaran biasa masing-masingsebesar 0,52 dan 0,45, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematismatematis siswa. Kata-kata kunci: komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Endi Zunaedy Pasaribu
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2017): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematis siswa setelah menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing, serta untuk melihat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 350 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 100 siswa melalui teknik random sampling.  Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbinglebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, (2) terdapatpeningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbinglebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan temuan penelitian akan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat direkomendasikan menjadi salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Pemahaman dan Komunikasi Matematis
PEMODELAN MATEMATIKA DALAM OPTIMALISASI PRODUK PENGOLAHAN SUSU SEGAR Evi Widayanti
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2017): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan artikel ini adalah untuk menentukan model matematika beserta penyelesaiannya dalam optimalisasi suatu produksi pada perusahaan Beta. Manfaat dari penulisan ini adalah memberikan gambaran untuk pengambilan keputusan yang terbaik dalam rangka optimalisasi produksi. Diasumsikan bahwa bahan baku tersedia setiap harinya dan permintaan juga ada pada setiap harinya. Selain itu perusahaan mendapatkan suplai bahan baku berupa susu segar sebanyak 2.000 liter perhari dan mesin hanya akan memproduksi bahan baku yang ada. Jadi, jumlah produk susu olahan yang akan dihasilkan akan kurang dari 1.800 kg.Dengan bantuan salah satu program komputer maka diperoleh  solusi yang terbaik untuk tiap produk yang dihasilkan agar diperoleh keuntungan yang maksimum adalah X1 untuk produksi mentega sebesar 777 kg; untuk produksi yoghurt (X2) sebesar 173 kg; untuk krim susu (X3) sebesar 835 kg; dan untuk produksi keju (X4) sebesar 0. Jika perusahaan tersebut ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, maka perusahaan tidak perlu memproduksi keju karena hal itu akan mempengaruhi jumlah produksi yang lain. Selain itu harga jual keju yang hanya Rp 57.000,00 per kg tidak sebanding dengan biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproduksi keju itu sendiri. Kata Kunci:Pemodelan Matematika, Optimalisasi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING Iswadi Iswadi; Siti Sarah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2017): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam materi Bilangan Bulat melalui strategi pembelajaran Cooperative learning pada siswa kelas VI semester gasal, tahun pelajaran 2016/2017.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Waktu penelitian adalah 3 bulan yaitu dari tanggal 9 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 4 Oktober 2016 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara, dan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan pada kelas VI. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes matematika pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus 1 = 60,16; siklus 2 = 68,70; dan siklus 3 = 80,17; dan tingkat ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan hasil pada siklus 1 = 40% (12 orang); siklus 2= 56% (17 orang); dan siklus 3=80% (24 orang), serta hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar matematika melalui demontrasi adalah menyenangkan bagi siswa.Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Matematika, Cooperative Learning, Bilangan Bulat, SD Kelas Tinggi.
KOMPARASI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWINGDAN STAD TERHADAPHASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL Nuryati, Sri; Sujadi, A.A
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2017): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe snowball throwing terhadap hasil belajar matematika yang ditinjau dari kemampuan awal. Penelitian ini adalah peneltian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing tidak lebih efektif digunakan (Fobs < Ftable ) dengan 0.003 < 4.00; siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi, mempunyai hasil belajar matematika yang tidak lebih baik jika dibandingkan dengan siswa berkemampuan awal sedang dan rendah (Fobs < Ftable) dengan 1.006 < 3.15; tidak ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika siswa ( yaitu 1.008 < 3.15 ). Saran atas hasil penelitian ini adalah dalam proses belajar mengajar guru hendaknya mampu menciptakan suasana belajar yang mampu membuat siswa menjadi lebih aktif. Kata Kunci: Snowball Throwing, STAD, Hasil Belajar Matematika

Page 1 of 1 | Total Record : 6